Ngabuburit Asyik di Lembah UGM Yogya


Setiap Ramadhan tiba, banyak orang yang mencari tempat ngabuburit yang asyik. Tempat untuk menunggu buka puasa tiba sambil melakukan kegiatan atau sekedar duduk-duduk dan mengobrol dengan teman. Tempat yang mereka tuju pun beraneka ragam. Ada yang berjalan-jalan ke mall, ada yang ke toko buku, dan ada pula yang melakukan kegiatan di rumah, berkebun misalnya.
Nah, di kota Yogyakarta, tepatnya di sekitar Kampus UGM ada yang namanya pusat jajanan lembah UGM. Di sepanjang jalan Notonegoro, banyak berjejer pedagang jajanan menu buka puasa. Dari es buah, es kacang hijau, gorengan, siomay, batagor, sosis bakar, sampai kerak telor juga ada. Cara penjualannya pun macam-macam. Ada yang cuma menggelar dagangannya di meja, ada pula yang memakai gerobak. Uniknya, beberapa dari mereka ada yang masih berstatus sebagai mahasiswa lho! Mereka mengisi waktu puasanya dengan membuat hidangan buka puasa kemudian dijual. Tak hanya mahasiswa dari UGM, dari universitas lain di sekitar Yogya pun juga ada.
Di sana, kita bisa jalan-jalan sambil memilih kira-kira menu apa yang akan kita santap pada saat buka puasa. Jangan khawatir, di sana juga disediakan tempat lesehan untuk duduk sambil menikmati makanan. Bagi yang ingin dibungkus lalu dimakan di rumah juga bisa. Namun, kebanyakan orang memilih untuk menikmati buka puasanya di situ. Selain bisa menikmati suasana sore hari, ramainya para pengunjung juga bisa dijadikan teman ngabuburit daripada sendirian di rumah atau di kos (bagi yang anak kos). Apalagi di sana juga ada beberapa pengamen yang menyanyikan lagu-lagu andalan. Wah, semakin menambah ramainya suasana.

Usai berbuka, kita juga bisa langsung salat maghrib karena lokasi jajanan lembah sangat dekat dengan Masjid Kampus UGM. Jadi tidak perlu khawatir ketinggalan salat. Jajanan di lembah UGM, berakhir menjelang adzan Isya’. Selain makanan yang dibawa sudah habis terjual, mereka (para pedagang) juga harus bersiap untuk melaksanakan salat isya’ dan terawih.
So, bagi kalian yang ingin menghabiskan waktu menunggu buka puasa dengan berjalan-jalan santai sambil memborong makanan buka puasa, datanglah ke Lembah UGM. Dijamin kalian akan ketagihan dan merindukan suasananya ketika Ramadhan telah usai.

Komentar

Postingan Populer