Peran Perempuan

Ketika melepasmu pergi kerja tadi pagi, tak terpikir apa pun selain menantimu kembali membawa kesuksesan. "Wanita yang baik itu, selalu mendukung kegiatan lelakinya." katamu tadi ketika kita berdiskusi di sela-sela sarapan pagi. Ya, aku mengerti. Kita tadi sedang berbicara mengenai peran perempuan (aku lebih suka menyebutnya begitu). Ternyata menjadi seorang perempuan tidak sekedar hadir, melahirkan keturunan, dan mengurusi urusan belakang (dapur dan sumur). Peranannya lebih dari sekedar itu semua. Bahkan, jika boleh aku beranggapan, justru perempuanlah yang mempuyai kedudukan dan peran paling tinggi. Tak bisa dipungkiri, laki-laki tak akan berarti tanpa adanya sosok perempuan. Yang merasa dirinya laki-laki, jangan dulu membantah. Kenyataan sudah membuktikan, bahwa banyak duda entah itu karena cerai atau karena istrinya meninggal, lebih memilih menikah lagi. Itu membuktikan bahwa laki-laki tak bisa hidup tanpa perempuan. Kenapa? karena sebenarnya laki-laki itu lemah dan rawan, kata Sujiwo Tejo. Memang tidak semua laki-laki seperti itu, tapi kebanyakan. Banyak laki-laki yang sukses di dunia ini karena peran perempuan di sampingnya. Kukatakan di sampingnya karena aku tidak mau ada yang salah paham dengan kata "di belakangnya". Kata di belakangnya, bisa diartikan secara sederhana, artinya perempuan memang harus "di belakang"( dapur dan sumur), tidak boleh di depan atau di samping. Yang kumaksud di tulisan ini, adalah perempuan yang selalu memberikan semangat dan mendukung kegiatan positif yang dilakukan laki-laki di dekatnya tidak cuma dari belakang, tetapi juga dari depan dan samping. Perempuan yang baik itu, selalu menempatkan dirinya sebagai patner diskusi yang baik. Memberikan solusi dan pencerahan ketika kebuntuan melanda laki-lakinya.
Masih mengutup dari kata-kata Sujiwo Tejo, "Jika ada lelaki sukses, masyarakat dangkal akan kagum padanya. Masyarakat mendalam akan kagum pada perempuan di baliknya..."
Jadi, berhati-hatilah kau, perempuan, dalam bertindak. Laku, tingkah, dan pemikiranmu sangatlah mempengaruhi laki-laki terdekatmu. Karena perempuan adalah kunci kesuksesan bagi kaum laki-laki.

Komentar

Postingan Populer